Saturday 30 April 2016

Penyebab Umum Kulit Wajah Berminyak


Kulit wajah bagi sebagian orang seringkali terlihat mengkilap sehingga tidak menarik untuk dilihat dan mengurangi rasa percaya diri pemiliknya tanpa tahu penyebab kulit wajah berminyak. Ada beberapa penyebab mengapa kulit wajah berminyak yang terkadang tidak kita sadari dimana kita turut andil dalam membuat wajah kita memproduksi lebih banyak minyak.
Faktor yang menyebabkan kulit wajah berminyak bisa datang dari dalam diri kita maupun dari luar. Selain itu, ternyata faktor gaya hidup juga dapat mempengaruhi produksi minyak di wajah seseorang. Berikut adalah 7 penyebab kulit wajah berminyak yang umum ditemukan pada mereka yang mengalaminya.
1. Keturunan
Penyebab kulit berminyak pertama yang paling kuat dan sulit untuk di hilangkan adalah faktor keturunan atau DNA. Jika anda memiliki orang tua, ibu atau bapak yang memiliki kulit wajah berminyak, maka besar kemungkinan anda pun akan mewariskan kulit wajah berminyak. Anda hanya perlu merawatnya dengan agar tidak timbul jerawat.

2. Sel kulit mati
Saat mencuci wajah, seringkali seseorang tidak memperdulikan bagaimana cara mencuci wajah yang tepat dan benar. Hal tersebut menyebabkan penumpukan sel kulit mati di wajah yang dapat memancing wajah untuk memproduksi minyak lebih banyak. Sel kulit mati sebenarnya juga apabila tidak diangkat dapat menyebabkan beberapa masalah wajah lainnya seperti kulit kusam penuaan dini, dan juga munculnya bintik bintik hitam yang tidak diinginkan.

Itulah sebabnya mengapa sangat penting bagi setiap orang untuk membersihkan wajahnya dan melakukan eksfoliasi yaitu pengangkatan sel kulit mati setidaknya seminggu sekali atau dua minggu sekali. Untuk melakukan pengangkatan sel kulit mati, anda bisa memanfaatkan beberapa scrub buatan yang berbahan dasar alami seperti scrub gula dan lain lain.
3. Perubahan hormon
Faktor perubahan hormon juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa kulit wajah berminyak. Bagi mereka yang berusia remaja dimana perubahan yang terjadi pada tubuh dan disebabkan oleh hormon memicu wajah berminyak.

Namun, kulit wajah berminyak dan perubahan hormon tidak hanya terjadi pada saat seseorang menginjak masa remaja melainkan juga dapat terjadi pada seseorang yang sudah lanjut usia.
4. Bakteri
Bakteri juga dapat menjadi salah satu penyebab kulit berminyak. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa wajah yang terlalu sering disentuh dapat mengundang bakteri terutama apabila tangan yang anda gunakan menyentuh wajah tidak dalam keadaan bersih atau steril. Untuk mengurangi kemungkinan wajah anda karena bakteri adalah dengan cara meminimalisir penyembuhan menggunakan tangan pada wajah anda, serta menjauhkan rambut tanda dari wajah agar tidak menjadi sumber bakteri.

5. Makanan
Makanan yang tidak sehat dan terlalu banyak lemak juga dapat memicu produksi minyak berlebihan pada wajah. Banyak yang tidak menyadari bahwa makanan yang mereka konsumsi merupakan makanan makanan berlemak yang sangat berbahaya dan juga menjadi sumber penyebab mengapa wajah berminyak.

6. Kosmetik
Kosmetik yang tidak sesuai dengan tipe wajah anda dapat menyebabkan wajah menjadi berminyak dan terkadang menyebabkan wajah berjerawat. Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda untuk mengetahui jenis atau tipe wajah yang anda miliki sebelum memilih dan menggunakan kosmetik yang banyak beredar di pasaran.

7. Gaya hidup
Gaya hidup yang tidak teratur juga dapat menyebabkan wajah memproduksi minyak berlebihan. Bagi anda yang merokok, atau tidak beristirahat secara teratur ternyata juga dapat menyebabkan wajah menjadi terlihat kusam dan tidak menarik.

8. Sabun
Saat kita mandi, bagi sebagian orang mencuci wajah dengan menggunakan sabun mandi yang mereka manfaatkan untuk tubuh ternyata secara tidak langsung dapat menyebabkan wajah memproduksi minyak. Sabun yang terlalu keras dan menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan kehilangan kelembaban akan memancing kulit untuk memproduksi minyak agar wajah menjadi lembab kembali. Itulah sebabnya mengapa sangat dianjurkan bagi setiap orang khususnya wanita untuk menggunakan sabun muka khusus untuk wajah agar wajah tidak berminyak.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir dan membaca blog saya, semoga bermanfaat.