Sunday 6 March 2016

6 Fakta Mengenai Bulu Mata




Bulu mata dan wanita seperti hal yang tak bisa dipisahkan. Banyak wanita di seluruh dunia yang rela menyisihkan waktu mereka beberapa menit setiap hari demi mendapatkan tampilan bulu mata yang lentik dan cantik. Sampai-sampai banyak wanita yang rela menjalani beberapa perawatan demi mendapatkan tampilan bulu mata yang paling ciamik. Mulai dari memanjangkan, menambah hingga mengeriting bulu mata.
Tapi ingatkah Anda bahwa fungsi sesungguhnya dari bulumata bukan sekedar sebagai pemanis wajah saja, tapi juga sebagai pelindung mata?. Bulu mata ada untuk menjalankan fungsi pelindung tersebut agar mata Anda terhindar dari debu, keringat atau bahkan paparan sinar matahari. Karena itu, beberapa fakta soal bulu mata di bawah ini layak disimak agar Anda bisa terus merawat bulu mata dengan benar demi fungsinya sebagai pelindung.

1. Sayangi Bulu Mata Anda
Bulu mata terbuat dari komponen rambut. Seperti rambut di kepala, bulu mata juga bisa kotor. Untuk perawatan sederhana, ambil kapas yang telah dicelupkan ke air hangat, lantas sapukan ke bulu mata. Setelahnya, gunakan sedikit sampo bayi dan bilas lagi dengan kapas. Hati-hati, jangan sampai terkena mata, ya.

2. Semakin Tua, Bulu Mata Bisa Berubah
Kalau Anda pernah menyadari ada perubahan di ketebalan dan panjang bulu mata, maka Anda tidak salah. Normal saja jika bulu mata semakin lama semakin menipis. Seperti halnya rambut, semakin menua, maka rambut pun semakin menipis, kan?. Tapi jika ingin tetap memiliki ketebalan dan panjang bulu mata yang baik, ada baiknya Anda mengkonsumsi vitamin B yang berfungsi meningkatkan pertumbuhan bulu mata.

3. Hati-hati dengan Bulu Mata Keriting
Yang jarang diingat oleh banyak wanita saat memutuskan untuk mengeriting bulu mata mereka adalah bahwa saat proses itu terjadi, bulu mata akan tercabut dari akarnya. Tak hanya itu, yang perlu dikhawatirkan adalah bahwa bulumata bisa patah di pertengahan. Untuk menghindari hal itu, lebih baik jangan langsung mengenakan maskara sesaat setelah bulu mata selesai dikeriting. Biarkan dulu selama kurang lebih 10 menit.

4. Bisa Terlalu Panjang
Mungkin menjadi mimpi semua wanita untuk memiliki bulu mata panjang. Tapi ada juga kasus yang dialami banyak wanita di mana bulu mata menjadi terlalu panjang. Kalau sudah seperti ini pasti akan terasa sakit dan tidak nyaman. Biasanya, bulumata yang terlalu panjang itu diakibatkan oleh hormon yang tinggi dan aktif. Kalau Anda termasuk yang mengalami hal seperti ini, siapkan gunting kecil untuk rutin memangkas bulu mata Anda.

5. Maskara Waterproof Penyebab Iritasi
Seperti yang telah dibahas di atas, bulu mata memiliki fungsi sebagai pelindung. Nah, maskara lantas tidak aka bisa menjalankan fungsi perlindungan tersebut secara maksimal jika ia terlalu sering dilapisi oleh zat-zat kimiawi yang terkandung dalam maskara waterproof atau tahan air. Kandungan dimeticone copolyol dan silikon dalam maskara tahan air bisa menyebabkan mata gatal-gatal dan beraksi terhadap alergi. Kalaupun Anda terpaksa menggunakan maskara tahan air, pilihlah yang mengandung bahan alami.

6. Bahaya Bulu Mata Palsu
Meski banyak wanit yang mulai rutin menggunakan bulu mata palsu untuk melengkapi dandannannya, tapi hati-hatilah dengan bahaya yang mengintai. Kandungan di perekat bulu mata bisa membuat garis mata menjadi iritasi. Bahkan jika digunakan dengan cara yang ceroboh, bulu mata bisa ikut tercabut dan terikut dengan perekat bulu mata palsu yang Anda gunakan.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir dan membaca blog saya, semoga bermanfaat.