Wednesday 9 March 2016

Gunakan Rumus G4 G1 L5

Beberapa produk makanan kini kadang tidak lagi memperhatikan dampak kesehatan bagi orang yang mengkonsumsinya dengan kandungan tinggi gula, tinggi lemak serta tinggi garam membuat makanan tersebut menjadi makanan yang tidak sehat untuk dikonsumsi. Jika Melebihi batas maksimal konsumsi garam dan sendok yang sudah disarankan setiap harinya ini akan berdampak buruk dan seseorang sangat rentan terkena diabetes.
( Untuk mempermudah dalam mengingat bisa digunakan rumus G4 G1 L5 )

1. Gula - 50 gram ( 4 sendok makan ) per hari
Gula memang diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi tapi jika kita berlebihan dalam mengkonsumsinya maka akan mengganggu kesehatan seperti menyebabkan obesitas dan diabetes tipe 2, kita bisa menggantikan konsumsi gula dengan mengkonsumsi buah-buahan segar yang tentunya lebih sehat bagi tubuh dibandingkan dengan mengkonsumsi gula langsung.
Konsumsi gula secukupnya untuk mencegah anda terkena diabetes.


2. Garam - 2000 miligram natrium/sodium atau 5 gram garam ( 1 sendok teh )
Garam juga dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur kandungan air didalam tubuh namun yang dibutuhkan hanya dalam jumlah kecil saja jika dikonsumsi berlebihan akan mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan seperti hipertensi sampai stroke, perlu kita ketahui juga ternyata dalam 1 sendok makan kecap mengandung garam sebanyak 1/4 sendok teh dan untuk 1 bungkus mie instan mengandung garam sebanyak 3/4 sendok teh .

3. Lemak - 67 gram ( 5 sendok makan minyak )
Lemak diperlukan oleh tubuh sebagai cadangan energi, lemak selain terdapat dalam daging juga bisa ditemui dalam makanan yang digoreng, susu dan lain-lain, kita ambil contoh 1 potong ayam goreng tepung ternyata mengandung minyak sebanyak 2 sendok makan jadi sebaiknya kita membatasi dalam mengkonsumsi makanan yang digoreng dan makanan berlemak lainnya karena jika berlebihan akan beresiko menimbulkan penyakit seperti penyakit jantung , obesitas dan diabetes melitus.

Itulah batasan aman untuk seseorang mengkonsumsi makanan seperti gula, garam dan lemak perharinya, lebih baik kita mulai sekarang membatasi mengkonsumsi makanan tersebut dan melakukan pola makan yang sehat karena jika tidak siap-siaplah suatu saat nanti akan banyak penyakit yang siap menanti, tentunya kita tidak ingin sampai mengalami hal tersebut bukan?

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir dan membaca blog saya, semoga bermanfaat.