Tuesday 22 March 2016

Pekan Depan Suhu di Indonesia Akan Capai 38 Derajat Celcius, Inilah Sebabnya




Indonesia akan dilanda equinox, salah satu fenomena alam yang membuat suhu lebih panas dari biasanya. Hal ini akan terjadi tepatnya pekan depan menurut badan meteorologi klimatologi dan geofisika.
Equinox adalah salah satu fenomena astronomi, di mana matahari melintasi garis khatulistiwa dan secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun yaitu pada 21 Maret dan 23 September.
"Keberadaan fenomena tersebut tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis dan rata-rata suhu maksimal di wilayah Indonesia bisa mencapai 32-36 derajat celcius," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus S Swarinoto di Jakarta, Jumat (18/3), dikutip dari Antara.
Dia menjelaskan, secara umum kondisi cuaca di beberapa wilayah di Indonesia cenderung kering seperti Sumatera bagian utara mulai memasuki musim kemarau. Masyarakat diimbau tetap mengantisipasi kondisi cuaca yang cukup panas dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan tetap menjaga kesehatan.
Menaggapi kabar yang beredar di Indonesia yang menyebar lewat sms yang isinya suhu akan sampai 40 derajat dan masyarakat diminta tidak keluar rumah pada pukul 12 sampai 15, Yunus menegaskan "Equinox bukan seperti 'heat wave' yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang dapat menyebabkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama".
Masyarakat diminta untuk menjaga kesehatan diri agar tidak dehidrasi. Setiap orang setidaknya mengonsumsi sekitar tiga liter cairan setiap hari. Memonitor tekanan darah. Kemungkinan mendapatkan serangan panas dan mandi air dingin sesering mungkin.
Mudah-mudahan Bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir dan membaca blog saya, semoga bermanfaat.